Yamaha WR125X, Terkena Dampak Regulasi Gas Buang
Yamaha WR125X ini menggunakan mesin empat langkah dengan pendingin cair berkapasitas 125cc, sama dengan nama yang disandangnya. Mesin yang tepatnya berkapasitas 124,7cc ini diklaim mampu menghasilkan daya sebesar 15 tenaga kuda pada putaran mesin 9.000rpm. Tenaga itu lantas dialirkan ke roda belakang dengan menggunakan sarana rantai setelah melewati sistem transmisi 6 gigi percepatan.
Kerangka menggunakan pola double cradle terbuat dari baja dengan suspensi depan teleskop berdiameter 41mm. Suspensi depan ini tak dilengkapi dengan fitur pengatur kelenturan seperti yang terpasang pada suspensi belakang yang menggunakan mono shock. Secara keseluruhan, Yamaha WR125X ini termasuk tinggi dan buat mereka yang memiliki tinggi badan di bawah 180cm barangkali akan mengalami sedikit kesulitan dengan motor trail ini.
Bicara soal peredam kejut, Motorcycle News menyebut suspensi yang terpasang pada Yamaha WR125X ini cukup memuaskan karena suspensi ini tak hanya memberikan kenyamanan pada pengendara tapi sekaligus juga terasa kokoh, mengingat motor ini dibangun untuk digunakan di medan berat. Situs ini juga tak mengeluhkan soal kelengkapan, mesin hingga build quality yang mereka anggap sudah cukup bagus.
Superbike.com, di sisi lain justru malah mengeluhkan masalah mesin empat langkahnya yang terasa kurang handal namun situs ini juga tak bisa menyalahkan keputusan Yamaha menggunakan mesin empat langkah karena di saat krisis ekonomi seperti saat ini, mesin empat langkah jelas lebih menguntungkan karena lebih hemat bahan bakar walaupun konsekuensinya, akselerasi jadi turun.
Kelengkapan yang diusung Yamaha WR125X ini termasuk suspensi dan tool kit bawaannya memang berkualitas tinggi. Dan itu juga yang digarisbawahi oleh Two Wheel Center yang menganggap usaha Yamaha memasang banyak perlengkapan berteknologi tinggi pada motor ini patut diacungi jempol. Yang jelas, semua itu pasti ada harganya dan konon Yamaha WR125X ini dilepas dengan harga jual US$5900 atau kurang lebih sekitar Rp56 jutaan.(kpl/roc)
Engine | : | 124.7 cc, Liquid-cooled, 4-stroke, forward-inclined single cylinder, 4-valves, SOHC |
Maximum power | : | 11 kW (15 PS) @ 9,000 rpm |
Maximum torque | : | 12.2 Nm (1.24 kg-m) @ 8,000 rpm |
Transmission | : | Constant mesh, 6-speed |
Final transmission | : | Chain |
Fuel tank capacity | : | 8.5 L |
Chassis | : | Steel double cradle |
Length | : | 2,095 mm |
Width | : | 835 mm |
Height | : | 1,165 mm |
Seat height | : | 920 mm |
Wheel base | : | 1,430 mm |
Weight | : | 137 kg |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar