MIO MODIVIKATIONS LAST BIKES
MODIVIKATIONS
MODIVIKATION
MODIVIKATION
MODIVIKATION
MODIVIKATION
MODIVIKATIONS
MODIVIKATION
MODIVIKATION
MODIVIKATIONS
MODIVIKATIONS
MODIVIKATIONS
MODIVIKATIONS

Jumat, 12 November 2010

Yamaha WR125X, Terkena Dampak Regulasi Gas Buang


Yamaha WR125X, Terkena Dampak Regulasi Gas Buang

Lihat Gambar
Yamaha WR125X
KapanLagi.com - Munculnya regulasi tentang emisi gas buang membuat produsen motor yang semula bertahan menggunakan mesin dua langkah terpaksa beralih ke mesin empat langkah yang memang menghasilkan emisi gas buang lebih sedikit. Ini bukan tak berdampak karena mesin empat langkah notabene tak mampu menandingi akselerasi spontan mesin dua langkah. Kasus yang sama juga dihadapi Yamaha saat melepas Yamaha WR125X ini.

Yamaha WR125X

Yamaha WR125X ini menggunakan mesin empat langkah dengan pendingin cair berkapasitas 125cc, sama dengan nama yang disandangnya. Mesin yang tepatnya berkapasitas 124,7cc ini diklaim mampu menghasilkan daya sebesar 15 tenaga kuda pada putaran mesin 9.000rpm. Tenaga itu lantas dialirkan ke roda belakang dengan menggunakan sarana rantai setelah melewati sistem transmisi 6 gigi percepatan.

Kerangka menggunakan pola double cradle terbuat dari baja dengan suspensi depan teleskop berdiameter 41mm. Suspensi depan ini tak dilengkapi dengan fitur pengatur kelenturan seperti yang terpasang pada suspensi belakang yang menggunakan mono shock. Secara keseluruhan, Yamaha WR125X ini termasuk tinggi dan buat mereka yang memiliki tinggi badan di bawah 180cm barangkali akan mengalami sedikit kesulitan dengan motor trail ini.

Yamaha WR125X

Bicara soal peredam kejut, Motorcycle News menyebut suspensi yang terpasang pada Yamaha WR125X ini cukup memuaskan karena suspensi ini tak hanya memberikan kenyamanan pada pengendara tapi sekaligus juga terasa kokoh, mengingat motor ini dibangun untuk digunakan di medan berat. Situs ini juga tak mengeluhkan soal kelengkapan, mesin hingga build quality yang mereka anggap sudah cukup bagus.

Superbike.com, di sisi lain justru malah mengeluhkan masalah mesin empat langkahnya yang terasa kurang handal namun situs ini juga tak bisa menyalahkan keputusan Yamaha menggunakan mesin empat langkah karena di saat krisis ekonomi seperti saat ini, mesin empat langkah jelas lebih menguntungkan karena lebih hemat bahan bakar walaupun konsekuensinya, akselerasi jadi turun.

Yamaha WR125X

Kelengkapan yang diusung Yamaha WR125X ini termasuk suspensi dan tool kit bawaannya memang berkualitas tinggi. Dan itu juga yang digarisbawahi oleh Two Wheel Center yang menganggap usaha Yamaha memasang banyak perlengkapan berteknologi tinggi pada motor ini patut diacungi jempol. Yang jelas, semua itu pasti ada harganya dan konon Yamaha WR125X ini dilepas dengan harga jual US$5900 atau kurang lebih sekitar Rp56 jutaan.(kpl/roc)

SPESIFIKASI:
Engine:124.7 cc, Liquid-cooled, 4-stroke, forward-inclined single cylinder, 4-valves, SOHC
Maximum power:11 kW (15 PS) @ 9,000 rpm
Maximum torque:12.2 Nm (1.24 kg-m) @ 8,000 rpm
Transmission:Constant mesh, 6-speed
Final transmission:Chain
Fuel tank capacity:8.5 L
Chassis:Steel double cradle
Length:2,095 mm
Width:835 mm
Height:1,165 mm
Seat height:920 mm
Wheel base:1,430 mm
Weight:137 kg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin